Apakah Anda pernah mendengar atau membaca buku “Rich Dad Poor Dad”?

Jika Anda pelaku bisnis networking atau seorang entrepreneur sudah pasti buku ini menjadi bacaan wajib yang harus dipelajari pertama kali.

Namun menurut saya, buku ini wajib dibaca untuk siapapun karena hidup kita tidak bisa lepas dari transaksi uang. Dan buku ini mengulas habis bagaimana seharusnya kita memperlakukan cashflow pribadi kita.

Robert T. Kyosaki, penulis buku ini, menceritakan tentang dua ayahnya yang memiliki latar belakang sangat berbeda. Berbeda bukan hanya dari cara hidup namun yang terpenting berbeda mindset mengenai keuangan.

Poor Dad adalah seorang pegawai negeri yang mengandalkan penghasilan dari gaji ke gaji sedangkan Rich Dad adalah seorang pebisnis pembangun aset agar uang bekerja untuk dirinya (financial freedom)

Jika saya tanya apakah Anda ingin menjadi seorang Rich Dad atau Poor Dad, hampir semuanya akan menjawab Rich Dad kan?atau tidak?

Dalam beberapa artikel kedepan, saya akan merangkum newsletter yang saya dapat dari The Rich Dad company tentang bagaimana seharusnya mindset kita mengenai penghasilan dan memperlakukan uang. So, jangan lupa sucscribe untuk mendapatkan update dari saya 🙂

 

1. Putuskan di Quadrant Mana Anda Berada

ESBI

Sebagian dari Anda ada yang sudah tahu apa itu cashflow quadrant, sebagian ada yang hanya mendengar. Atau jangan-jangan ada yang belum dengar sama sekali?

Inilah 4 Quadrant fenomenal yang dikenalkan Robert T. Kyosaki.

Rich Dad dalam buku Kyosaki menekankan pentingnya edukasi finansial bagi kita. Jutaan orang saat lulus pendidikan hanya terjebak di pekerjaan yang mereka sendiri tidak sukai. Apakah Anda bagian dari orang-orang tersebut?

Juga, banyak orang yang terjebak dengan kondisi keuangannya. Penghasilan hanya cukup untuk SURVIVE, menginginkan penghasialn lebih namun tidak tahu apa yang harus dilakukan, hidup dari akhir bulan ke akhir bulan. Buku ini memberikan istilah Rat Race Trap.

Setiap dari kita merupakan bagian, minimal, dari salah satu keempat kuadran ini. Dikuadran mana kita berada, dapat dilihat dari bagaimana kita mendapatkan penghasilan dan mengelolanya.

The CASHFLOW Quadrant dibagi menjadi 4 bagian quadrant:.

  • E  Employee (karyawan)

  • S Self-Employed (bisnis) atau Specialist (profesional)

  • B Big Business (bisnis yang sudah memiliki sistem)

  • I Investor

 

Sisi kiri kuadran adalah E dan S. Kedua kuadaran ini merupakan pembayar pajak tertinggi dan mereka mem-barter waktunya dengan uang. Inilah yang dilakukan oleh karyawan dan profesional. Mereka dibayar untuk waktu yang mereka tukarkan kepada perusahaan.

Kuadran kanan adalah B dan I. Mereka adalah orang-orang yang bahkan saat tidurnya dapat menghasilkan uang. Pemilik time freedom dan financial freedom sejati

Garis yang membagi antara kanan dan kiri kuadran membedakan golongan mana yang menikmati kue terbesar dari kekayaan masyarakat dan golongan mana yang berebut dengan sisanya.

Putuskan bagian kuadran mana Anda sekarang, dan putuskan mau dimana kuadran Anda kedepannya. Berpindah dari kuadran kiri ke kuadran kanan bukan hal yang mudah. Butuh perjuangan. Namun memang pantas untuk Anda perjuangkan.

 

2. Pahami 3 Tipe Pendidikan

Salah satu alasan mengapa yang kaya menjadi lebih kaya dan yang miskin semakin miskin sementara kelas menengah berjuang dengan cicilian dan hutangnya adalah bagaimana mereka dididik mengenai keuangan oleh orang tuanya.

Sebuah ironi saat kita belajar sekolah dasar 6 tahun, menengah pertama 3 tahun, menengah atas 3 tahun hingga perguruan tinggi minimal 4 tahun, hampir tidak ada satupun dalam jenjang pendidikan tersebut kita diajarkan bagaimana cara mengelola keuangan.

Yang dikatakan sejak kecil kepada kita “belajar yang tinggi, dapat pekerjaan yang layak, dapat penghasilan”.

Pola pendidikan seperti ini mungkin bisa berhasil di masa kakek atau orang tua kita. Anehnya, pola pendidikan yang sama masih tetap dipakai setelah hampir satu abad lamanya dunia berevolusi.

Tidak salah memiliki jenjang pendidikan yang tinggi. Namun sudah sewajibnya kita memiliki kecerdasan finansial yang tinggi juga. Dunia sudah berubah.

Setidaknya ada 3 jenis pendidikan menurut Robert. T Kyosaki:

  • Academic
  • Professional
  • Financial

Sayangnya, pendidikan finansial hampir tidak diajarkan di bangku sekolah. Sekolah hanya memberikan pengetahuan dan skill untuk menjadi pekerja maupun seorang profesional.

Jadi apa manfaat pendidikan finansial untuk Anda?

Knowledge is power dan kekuatan yang Anda butuhkan untuk menjadi kaya sepenuhnya serta mendapatkan financial freedom adalah pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan. Jika pengetahuan ini telah Anda dapatkan, maka Anda akan dapat mulai membangun kekayaan dan kesejahteraan Anda sendiri.

Tanpa pengetahuan tersebut, Anda hanya akan berlari ditempat (rat race)

Untuk setiap rupiah yang Anda dapatkan, hanya Anda sendiri yang dapat menentukan kemana rupiah tersebut digunakan. Habiskan untuk hal-hal tidak berguna dan Anda hanya akan hidup miskin seterusnya. Habiskan untuk cicilan hutang, Anda akan terjebak dalam rat race bersama middle class lainnya.

Investasikan pada pengetahuan Anda tentang bagaimana membangun aset, Anda akan bersama para kuadran kanan kedepannya 🙂

 

3. Tiga Macam Income

Pernahkah Anda memikirkan ada orang-orang yang bekerja keras pergi pagi pulang malam namun masih tetap berjuang untuk masalah finansialnya sementara ada orang-orang yang selalu menikmati waktu berlibur kemanapun mereka suka tanpa harus memikirkan pekerjaan?

Untuk memahami mengapa terdapat dua golongan seperti ini,Anda harus memahami hubungan antara cashflow quadrant dan tiga macam penghasilan

Setiap dari kita ada diantara satu dari keempat kuadran. DImana kita dalam kuadran tersebut ditentukan dari darimana penghasilan kita dapatkan

Join Today

  • Employee: Orang yang bersandar pada gajinya
  • Small Business or self-employed: Mendapatkan uang dengan bekerja untuk dirinya sendiri
  • Big business owner: Memiliki sistem bisnis yang dapat menghasilkan uang untuk mereka
  • Investor: Mendapatkan uang dari hasil investasi

Sekarang Anda sudah paham spesifikasi setiap kuadran. Lalu dimana Anda berada sekarang?

Dalam artikel berikutnya saya akan memberikan kepada Anda bagaimana pola cashflow yang seharusnya kita bangun dari sekarang untuk mendapatkan kebebasan finansial di masa depan kita. So, stay tune dan jangan lupa subscribe untuk mendapatkan update. Share juga ya artikel ini 🙂

 

-Your friendly Allianz Agent-

Share artikel ini jika menurut Anda Bermanfaat 🙂

Subscribe Untuk Artikel Bermanfaat Berikutnya

Subscribe Untuk Artikel Bermanfaat Berikutnya

Bergabung mailing list kami untuk mendapatkan artikel bermanfaat bagi Anda.

Terima Kasih Karena Telah Memberikan Kepercayaan Kepada Kami