Generasi millenials yang hidup di era disrupsi teknologi, dibuat menjadi terlalu mudah untuk membeli barang apapun melalui gadget yang ditangan. Aplikasi keuangan pribadi terbaik sangat dibutuhkan untuk mengontrol pemasukan dan pengeluaran kita, generasi millenials.

Aplikasi-aplikasi dagang elektronik yang menjamur seperti Tokopedia, Shopee dan semacamnya membuat kita terlena dalam hal pengeluaran dan seringkali overbudget pengeluaran bulanan.

Tanpa manajemen keuangan pribadi yang baik, kita hanya akan menjadi generasi konsumtif yang kurang disiplin dalam mengatur pengeluaran.

Karena itu, aplikasi keuangan pribadi terbaik ini adalah aplikasi yang dapat membantu kita menyimpan data pemasukan dan pengeluaran sehingga kita sebagai pengguna dapat dengan mudah mengevaluasi budgeting.

Namun sayangnya tidak semua aplikasi yang tersedia di App Store layak untuk kita download dan gunakan.

Dan berikut 5 aplikasi keuangan terbaik yang dapat Anda gunakan versi saya, your friendly Allianz Agent 🙂

1. Money Manager Expense & Budget

aplikasi keuangan pribadi terbaik

Aplikasi keluaran Realbyte inc. ini telah didownload lebih dari 5juta pengguna dan mendapat skor 4.6 di AppStore.

Money Manager membuat pengaturan keuangan pribadi Anda menjadi sangat mudah. Me-record transaksi keuangan pribadi dan keuangan bisnis, menampilkan laporan pengeluaran, evaluasi harian, mingguan dan bulanan dari pemasukan dan pengeluaran Anda hanya melalui satu aplikasi ini di Gadget Anda.

Aplikasi ini juga dapat menampilkan grafik budget dan pengeluaran sehingga Anda dapat membandingkan budget dengan pengeluaran yang telah dilakukan dan dapat dengan mudah melakukan evaluasi keuangan pribadi saat ada pengeluaran yang berlebih.

Anda dapat memasukkan jadwal jatuh tempo cicilan didalam akun aplikasi ini dan diintegrasikan dengan kartu debit Anda sehingga akan tercatat semua pengeluaran yang dilakukan melalui kartu debit tersebut

Kekurangan dari aplikasi ini hanyalah tidak tersedia bahasa Indonesia dan banyaknya iklan pop-ads apabila Anda menggunakan versi gratis. Namun tetap masuk dalam list aplikasi keuangan pribadi terbaik.

link: Money Manager Budget & Expense

2. Moneyfy

 

Untuk Anda yang terbiasa dengan User Interface yang simple dan mudah, Moneyfy ini cocol untuk Anda.

Anda tidak perlu kata-kata apapun dan hanya cukup dengan satu klik penambahan cash maupun pengurangan cash pada tombol yang tersedia!

Jika Anda memiliki beberapa gadget seperti Handphone dan tablet, Anda dapat mengsingkronisasi data antar gadget menggunakan satu aplikasi ini.

Beberapa fitur utama yang dimiliki Moneyfy:
1. User Interface yang intuitif dan mudah digunakan
2. Dapat menambahkan pengeluaran dan pemasukan uang dengan sangat mudah
3. Berbagai mata uang
4. Anda dapat melihat distribusi pengeluaran pada grafik yang menarik dan informatif dan bisa melihat informasi rinci dari daftar catatan yang telah Anda masukan
5. Sinkronisasi aman menggunakan akun Google Drive atau Dropbox Anda sendiri
6. Cadangkan dan ekspor data dalam satu klik
7. Kalkulator built-in
8. Tidak ada iklan

Kemudahan penggunaan aplikasi ini yang membuat saya memasukkannya dalam list aplikasi keuangan pribadi terbaik. Namun, sama dengan aplikasi Money Manager Expense, aplikasi Moneyfy belum ada fitur bahasa Indonesia.

Moneyfy telah didownload 100ribuan pengguna dan mendapat skor 4.6 di appstore

link: Moneyfy

 

3. Wallet – Budget Tracker

 

Aplikasi Wallet sangat membantu perencanaan keuangan Anda dan mengevaluasi pengeluaran sehingga Anda masih on-the-track dalam tujuan keuangan Anda.

Fitur sinkronisasi dengan akun rekening Bank Anda akan sangat membantu men-track pemasukan dan pengeluaran yang akan Anda dapatkan laporannya setiap minggu.

Grafik atau bagan yang ditampilkan sangat user-friendly sehingga Anda akan sangat mudah membaca pemasukan dan pengeluaran dari ‘kantong’ Anda.

Beberapa fitur yang membuat Wallet merupakan aplikasi keuangan pribadi terbaik:

Update Rekening Bank Otomatis – Sinkronisasi transaksi dengan akun Bank Anda sehingga sangat mudah untuk mengevaluasi semua pengeluaran yang telah Anda lakukan secara cashless

Flexible budget – Fitur ini dapat membantu Anda merencanakan pengeluaran bulanan sepeti membayaran premi asuransi yang sangat penting, cicilan motor atau mobil maupun penbgeluaran-pengeluaran rutin lainnya.

Aplikasi ini telah didownload oleh lebih dari 80ribu pengguna dan mendapatkan skor 4.5

link: Wallet

 

4. AndroMoney ( Expense Track )

 

Aplikasi besutan AndroMoney ini dapat menunjukkan kepada Anda kemana saja uang Anda dihabiskan. telah didownload lebih dari 200ribu pengguna dan mendapatkan skor 4.7 di appstore sehingga menjadikan AndroMoneysebagai salah satu aplikasi kuangan pribadi terbaik.

Lengkapnya fitur AndroMoney seperti Tracking pengeluaran, budget management bulanan dan Anda juga dapat menambah maupun menghapus kategori pemasukan maupun pengeluaran yang belum ada saat aplikasi ini baru terinstall.

Tentu saja, report real-time berupa pie-chart dan bar-chart juga menjadi fitur andalan AndroMoney dan membuat saya memasukkan AndroMoney dalam list aplikasi keuangan pribadi terbaik.

link: AndroMoney

 

5. 1Money – pelacak pengeluaran, pengelola keuangan

Aplikasi dari PixelRush ini akan menunjukkan kemana uang anda dihabiskan. Melacak transaksi keuangan bukanlah hal yang menyenangkan. 1Money merupakan sebuah program yang akan mempermudah Anda untuk melacak pengeluaran kapanpun.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat menambahkan transaksi baru dengan sekali tekan. Anda hanya tinggal memasukkan jumlah pengeluaran maupun pemasukan. Catat pengeluaran harian anda dan aplikasi ini akan menunjukkan kemana uang anda dihabiskan dengan grafik yang informatif.

aplikasi keuangan pribadi terbaik

Telah didownload lebih dari 9ribu pengguna dan mendapat skor 4.7. 1Money tidak diragukan termasuk dalam aplikasi keuangan pribadi terbaik.

link: 1Money

Dan itulah daftar 5 Aplikasi Keuangan Pribadi Terbaik versi saya.

Dalam bukunya, Rich Dad Poor Dad, Robert T. Kyosaki mengatakan bahwa masalah seputar uang bukan hanya bagaimana cara Anda mendapatkannya namun juga bagaimana cara Anda mengeluarkannya.

Seseorang dapat menjadi kaya secara finansial saat ia mampu mengatur keuangan dimulai dari keuangan pribadinya sendiri. Hal ini bukan hal yang mudah, kenapa?

Coba Anda ingat-ingat, sejak Anda belajar di bangku SD hingga lulus perguruan tinggi, di level pendidikan mana Anda diajarkan cara menggunakan keuangan terbaik untuk diri Anda sendiri?

Saya pikir sedikit sekali yang benar-benar dididik untuk mengkontrol pengeluaran. Hampir semua diajarkan bagaimana mencari namun tidak diajarkan bagaimana me-manage uang dengan baik.

Karena itu, disiplin secara finansial memang perlu waktu. Memilah barang antara yang diperlukan dan diinginkan melibatkan emosi Anda dan itu semua membutuhkan kecerdasan finansial yang harus terus dilatih.

Generasi millenials adalah generasi disrupsi dari era industri ke era informasi. Semua berubah serba cepat dengan adanya teknologi. Saat ini Anda dapat membeli barang dari China hanya dengan menggeser layar HP Anda menggunakan jempol.

So, pilihannya apakah kita dapat memanfaatkan disrupsi ini atau malah hilang tertelan ombak perubahan teknologi. Pilihan pada pribadi masing-masing.

Free consultation with your friendly Allianz agent 🙂

Al Assy Arry
0857-1923-9466
alari.allianz@gmail.com

Share artikel ini jika menurut Anda Bermanfaat 🙂

× How can I help you?